Selasa, 30 Desember 2014

Modernen Lebens

Kehidupan Modern

Masakan Jerman
Tidak ada “masakan Jerman” yang seragam, melainkan sejum­lah besar masakan khas daerah. Juru masak terkemuka di Jerman pun mengembangkan masakan daerah. Buku panduan gastronomi “Guide Michelin“ edisi 2010 memberikan tanda bintangnya kepada lebih dari 200 restoran Jerman. Setelah Perancis, Jermanlah yang memiliki paling banyak restoran berbintang tiga. Banyak penikmat masakan mewah ditemukan di Berlin dan Hamburg. Termasuk di antara juru masak terkemuka Jerman antara lain Harald Wohlfahrt dan Dieter Müller. Sejak tahun 2009 Juliane Caspar dari Jerman menjadi kepala redaksi “Guide Michelin“ terbitan Pe­rancis sebagai perempuan dan orang asing pertama.

Bahan pangan organik
Semakin banyak petani Jerman beralih ke pertanian organik. Antara tahun 1996 dan 2008, jumlah usaha pertanian yang bekerja menurut kriteria ekologi naik dari kurang lebih 7.400 menjadi 19.800. Di pasar swalayan dan toko khusus di Jerman tersedia lebih dari 56.000 produk yang memakai label resmi “Bio-Siegel” sebagai hasil pertanian organik. Kriteria untuk klasifikasinya sangat ketat: dalam produksi bahan pangan tersebut tidak boleh dipakai pestisida atau teknologi pengubah gene; produk hewani harus berasal dari peternakan biologis.

Anggur dari Jerman
Anggur Jerman tumbuh di 13 dae­r­ah pertanaman; di atas lahan seluas 100.000 hektar lebih dihasilkan sejumlah besar jenis minuman anggur khas daerah. Daerah pertanaman anggur terutama terletak di kawasan barat daya dan selatan, kecuali da­erah Sachsen dan Saale-­Unstrut yang terletak di kawasan timur Jerman. Ada hampir 140 jenis pohon anggur, namun hanya dua lusin di antaranya mempunyai arti besar di pasar­an, terutama jenis anggur putih Riesling dan Müller-Thurgau. Sekitar dua pertiga dari produksi anggur Jerman terdiri dari anggur putih, sisanya anggur merah. Produksi total per tahun mencapai 10 juta hektoliter; dua hektoliter di antaranya diekspor, terutama ke Amerika Serikat, Inggris dan Belanda.


Daerah pertanaman anggur
• Ahr
• Baden
• Franken
• Hessische Bergstraße
• Mittelrhein
• Mosel-Saar-Ruwer
• Nahe
• Pfalz
• Rheingau
• Rheinhessen
• Saale-Unstrut
• Sachsen
• Württemberg

Pusat Pariwisata Jerman
Deutsche Zentrale für Tourismus (DZT) adalah Badan Pariwisata Nasional Jerman yang berkedudukan di Frankfurt am Main. Melalui enam pengelola regional dan 29 perwakilan di luar negeri serta agen distribusi, organisasi turisme ini mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan pemasaran dan distribusi internasionalnya.


Taman Nasional
Sebagian besar di antara ke-14 taman nasional Jerman terletak di bagian utara. Ciri istimewa semua taman itu ialah alam dan lanskap yang unik yang dipeli­hara demi pelestarian keanekaan jenis tumbuhan dan binatang yang langka. Taman nasional terbesar adalah Nationalpark Schleswig-Holsteinisches Watten­meer seluas 441.000 hektar, yang terkecil ialah Nationalpark Jasmund di Pulau Rügen yang arealnya seluas 3.003 hektar mencakup tebing-tebing kapur yang terkenal.

Bauhaus
Bauhaus (1919–1933) dianggap sebagai perguruan seni rupa, desain dan arsitektur paling termasyhur di era modern klasik. Sekolah yang didirikan oleh Walter Gropius itu mula-mula berkedudukan di Weimar, ke­mudian pindah ke Dessau. Kelompok seniman dan arsitek Bauhaus menciptakan cara peng­ungkapan dalam rupa yang baru, jelas dan sesuai dengan zaman. Pengaruh corak baru itu masih terasa sampai sekarang. Termasuk di antara tokoh-tokoh Bauhaus terkenal ialah Ludwig Mies van der Rohe, Lyonel Feininger, Oskar Schlemmer, Marianne Brandt dan Sophie Taeuber-Arp.
(Sumber: http://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/id/inhaltsseiten-home/angka-dan-fakta/kehidupan-modern.html)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar